You are here
Home > Liputan > ZUK Z1 Gandeng Blibli.com Siap Serbu Tanah Air

ZUK Z1 Gandeng Blibli.com Siap Serbu Tanah Air

 

GSMarena
GSMarena

ZUK merupakan brand baru untuk dunia mobile. Ia berdiri sejak Mei 2015 di Negeri Tiongkok. ZUK ternyata adalah perusahaan yang didirikan oleh Lenovo yang saat ini merupakan Smartphone Top Seller peringkat ke-5 di dunia. Maka, kehadiran ZUK menambah panjang daftar provider ponsel asal negeri tirai bambu ini, sebut saja para pemain lama yang telah eksis sebelumnya seperti Huawei, ZTE, Oppo, Xiaomi, Oneplus, Hisense dan tentu saja Lenovo sendiri.

Kali ini, Lenovo sengaja menciptakan ZUK untuk segmen pasar khusus yaitu kalangan muda. Walau sebenarnya Lenovo sendiri memiliki spektrum pasar yang lebih luas meliputi semua kalangan, ZUK mencoba menggebrak pasar dengan produk perdana mereka, yakni Zuk Z1. Ponsel yang dijuluki “Smartphone Power User” ini hadir dengan segudang fitur terkini. Tidak hanya spesifikasi yang mumpuni, ponsel ini pun memiliki desain yang sangat simpel namun menarik dan berkelas, sangat cocok bagi pengguna usia muda yang senantiasa aktif dan selalu ingin mengekspresikan diri.

Sebelumnya Zuk Z1 telah launching di Dubai pada 26 Oktober 2015 dan  di Berlin pada 30 Oktober 2015. Keduanya sangat antusias menyambut kehadiran Zuk Z1. Melebarkan sayap ke kawasan Asia Tenggara, Zuk Z1 mengawalinya di Jakarta dengan menggandeng Blibli.comBlibli.com adalah e-commerce dengan konsep mal online yang pertama dan terbesar di tanah air. “Indonesia adalah negara dengan pasar smartphone tertinggi dengan penetrasi seluler yang baik. Oleh karena itu, kami percaya dan merasa yakin bahwa ZUK Z1 dapat diterima dengan baik di Indonesia,” kata Mr. Jin Chen, Chief Marketing Officer (CMO) ZUK Mobile yang secara khusus hadir dalam acara peluncuran produk Zuk Z1 di Bali Room Hotel Indonesia, Jakarta, pada 7 Desember lalu.

Launh Zuk Z1 serbagadgets

Tentu saja Blibli.com yang telah memiliki merchant lebih dari 3.400 partner ini, menyambut baik tawaran kerjasama dari ZUK Mobile. Hal ini yang disampaikan oleh Mr. Kusumo Martanto, CEO Blibli.com dalam acara peluncuran Zuk Z1 tersebut. “Sebuah kehormatan untuk Blibli.com menjadi mitra resmi ZUK di Indonesia, dan diberikan kepercayaan menjadi mitra e-commerce untuk meluncurkan ZUK Z1 untuk pertama kalinya di negara-negara Asia Tenggara,” ujar Kusumo dengan penuh keyakinan.

Di lain sesi, Mr.  Shannedy Ong, Director & Country Manager Qualcomm Indonesia, yang turut hadir di acara tersebut berujar, “Saya ucapkan selamat untuk peluncuran ZUK Z1, produk berkualitas tinggi yang tentunya menjadi pilihan baru bagi para konsumen di Indonesia.”

Mengapa Blibli.com?

Tentu saja ZUK Mobile punya alasan khusus dalam memilih Blibli.com sebagai partner dalam memasarkan Zuk Z1, di antaranya adalah:

  • Blibli.com memiliki konsep mal online, membawa gaya berbelanja di mal ke dalam website dan aplikasi mobile yang sangat mudah diakses dari Smarphone Anda.
  • Blibli.com menyediakan produk >7.500 merk dari 3.400 partner, dengan penjualan yang tumbuh rata-rata 5x dari tahun ke tahun.
  • Metode pembayaran di Blibli.com sangat mudah, efisien, dan lengkap. Anda pun bisa dimudahkan dengan fasilitas cicilan 0% selama 6 dan 12 bulan.
  • Gratis biaya pengiriman ke seluruh Indonesia
  • Semua proses dari pemesanan, pembayaran, dan pemantauan pengiriman, disupport penuh oleh Customer Care Blibli.com yang beroperasi 24 jam/7 hari melalui telepon, email, chat, dan social media.
  • Dengan slogannya, Big Choices Big Deals, Blibli.com mengajak konsumennya untuk menjadi smart shopper dengan mengajak berpartisipasi dalam wadah ulasan produk melalui Blibli Friends.
  • Blibli.com telah meraih 3 penghargaan bergengsi, yakni:
    • The NPS (Net Promoter Score) Excellence for E-Commerce (B2C) Category” pada SWA 5th Awarding Customer Loyalty Award 2015.
    • Best E-Commerce pada penghargaaan Indonesia Golden Ring Awards (IGRA) 2015.
    • Premium & Strategic Partners Award untuk kategori Samsung Home Appliances Business 2015 dari Samsung Electronics Indonesia.

Dari uraian di atas, terjawab sudah mengapa ZUK menggandeng Blibli.com sebagai partner dalam memasarkan Smartphone istimewa ini. Tentu saja selain beberapa alasan di atas, juga karena Blibli.com memiliki target market yang besar, kemudahan dalam berbelanja, serta kenyamanan dan keamanan dalam bertransaksi online.

Nah, sekarang saatnya kita kupas tuntas Zuk Z1 yang bikin penasaran ini.

Desain

Digitaltrends.com

Simpel, elegan, dan berkelas. Itulah kesan pertama yang diperoleh ketika kita melihat desain Zuk Z1. Kendati membidik kalangan muda, namun ponsel yang tampil dalam pilhan warna putih dan abu-abu ini juga cocok untuk digunakan oleh kalangan dewasa dan mapan.

Zuk Z1 memiliki body rounding tidak bersudut. Dengan ketebalan 8.9 mm serta berat 175 gram, Zuk Z1 nyaman dan mantap digenggam. Berat yang merata di seluruh body memang manjadikan ponsel ini sangat ergonomis.

androidheadlines.com

Tidak terdapat tombol apa pun di sisi kiri body, hanya ada slot simcard berupa lubang injector yang nyaris tidak terlihat. Di sisi kanan terdapat dua tombol yakni tombol power dan volume. Di bagian atas hanya terdapat lubang 3.5 mm untuk headset. Sedangkan di bagian bawah terdapat lubang mic, speaker dan port USB 3.0 tipe C. Di bagian atas dan bawah ini terdapat dua garis di masing-masing tepinya, menambah manis penampilan Zuk Z1.

Desain unibody Zuk Z1 dengan balutan sasis alumunium yang kokoh di bagian sisinya menjadikannya tampil cantik namun tetap simpel. Material glossy di panel belakang Zuk Z1 kian menambah nilai plus penampilannya.

gsmdome.com

Spesifikasi Tangguh

Layar Zuk Z1 memiliki bentang diagonal 5.5 inci dengan resolusi Full HD (1080p) sehingga diperoleh density 401 ppi (pixel per inch). Layar yang tertampil terlihat natural dan menarik. Layar Zuk Z1 dibekali dengan teknologi Bright View 450 nit yang menjadikannya tetap terlihat jelas sekalipun di bawah sorotan sinar matahari.

Zuk Z1 memiliki spesifikasi sekelas ponsel flagship. RAM yang digunakan sebesar 3 GB dengan ruang memori yang lapang yakni 64 GB, sehingga tidak menjadi masalah dengan tidak tersedianya slot memori eksternal. Kemampuan Zuk Z1 untuk membaca dokumen via USB OTG (On The Go) makin memudahkan pengguna untuk menghemat memori internal ponsel. Cukup menancapkan USB flash disk, dokumen bisa terbaca di ponsel.

Prosesor Qualcomm Snapdragon 801 berpadu dengan GPU Adreno 330 membuat file multimedia dan 3D Games bisa berjalan dengan kecepatan stabil dan efisien.

launch zuk z1 serbagadgets-1
Out of the box memori yang tersedia adalah 53.86 GB

Snapdragon 801

Zuk Z1 dipersenjatai dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 801 quad-core 2.5 GHz yang sudah mendukung dual 4G LTE Advanced World Mode. Seperti yang kita ketahui, Snapdragon 801 telah diperkenalkan sejak awal tahun 2014. Ponsel yang telah menggunakan prosesor ini di antaranya adalah Samsung Galaxy S5, Sony Xperia Z3, LG G3, HTC One (M8), New Moto X, dan Oneplus One.

“Qualcomm Snapdragon 801 is designed to support sharper image capture, faster processing, more advanced connectivity and better battery life compared to its predecessor, the Snapdragon 800 processor.” (Qualcomm.com)

Snapdragon 801 tak hanya fokus pada kecepatan komputasi, melainkan juga mempercepat pemrosesan gambar digital. Misalnya, untuk pengambilan gambar melalui kamera hanya dibutuhkan waktu 0,3 detik untuk auto-focus dan memotret.

Mengapa Zuk Z1 memilih Snapdragon 801? Padahal saat ini diketahui sudah hadir generasi prosesor yang lebih baru dan lebih unggul? Kemungkinan karena Snapdragon 801 dikenal dengan keunggulannya yang lebih hemat daya serta mendukung Quick Charge 2.0 agar baterainya bisa diisi ulang jauh lebih cepat.

anandtech.com

 

Baterai 4100 mAh dan USB 3.0 Tipe C

Zuk Z1 dibekali sumber tenaga baterai Li-Po sebesar 4100 mAh yang Non-removable. Dengan daya sebesar ini Zuk Z1 bisa bertahan lebih dari sehari untuk penggunaan yang wajar. Anda tidak perlu lagi dipusingkan dengan membawa power bank ke mana-mana. Untuk penggunaan yang berat, baterai Zuk Z1 bisa bertahan hingga seharian penuh.

Zuk Z1 merupakan ponsel pertama yang support USB 3.0 tipe C. Keunggulannya antara lain mampu melakukan proses charging yang jauh lebih cepat, yaitu hanya sekitar 2 jam dari kondisi baterai kosong hingga terisi 100%. Selain itu, kita tidak perlu khawatir terbalik ketika mencolokkan kabel USB ke ponsel kita karena desainnya memang dibuat bisa dibolak-balik.

Untuk transfer data, USB 3.0 tipe C ini memiliki kecepatan 1.5 hingga 2 kali USB tipe sebelumnya. Belum banyak ponsel yang mengadopsi USB 3.0 tipe C ini, selain Zuk Z1 ada Xiaomi Mi4C yang juga menggunakannya.

zukmobile.cc

Kamera

Zuk Z1 memiliki kamera utama 13 MP dengan fitur Optical Image Stabilization (OIS) dan dual-LED flash. Kamera Zuk Z1 memiliki sensor Sony IMX 214 yang cukup populer. OIS menghasilkan gambar yang tetap stabil sekalipun dalam kondisi agak bergoyang atau pun berputar.

Kamera Zuk Z1 menggunakan software milik Cyanogen yang lebih dikenal dengan nama Camera Next. Tampilan antar mukanya selintas sangat mirip dengan Google Camera.

Hasil tangkapan gambar kamera Zuk Z1 terbilang cukup bagus. Terdapat fitur auto-HDR, biasanya fitur ini hanya bisa ditemui di ponsel-ponsel flagship. Untuk kamera depan 8 MP nya mampu menghasilkan foto selfie yang memuaskan.

Berikut beberapa hasil foto dari kamera Zuk Z1 dari berbagai sumber:

gsminsider.com – Outdoor
androidheadlines.com – Low light
androidheadlines.com – Macro mode
GSMarena – Panorama mode

Berikut hasil video Zuk Z1 dengan pilihan resolusi tertinggi 1080p (sumber GSMarena) :

 

Home Button & Fingerprint Scanner

Home button yang terletak di bagian bawah layar bukanlah tombol biasa karena memiliki banyak fungsi. Tidak hanya sebagai tombol untuk kembali ke “home“, ia juga bisa berfungsi sebagai tombol back ke aplikasi sebelumnya. Jika kita tekan, tombol ini akan berfungsi sebagai tombol home, namun jika kita geserkan jari kita di tombol ini maka akan berfungsi kembali ke menu sebelumnya.

Tombol ini juga berfungsi sebagai fingerprint scanner yang sangat responsif. Tidak seperti ponsel lainnya yang meletakkan fingerprint scanner di bagian belakang, penempatan di bagian depan pada Zuk Z1 ini sangat menarik dan memudahkan dalam penggunaan.

slashgear.com

Cyanogen OS 12.1

Zuk Z1 memiliki sistem operasi Cyanogen OS 12.1, merupakan OS yang cepat dan powerful. Tidak hanya untuk kinerja, tapi juga untuk konsumsi daya, keamanan dan juga privasi. OS Cyanogen memberikan personalisasi yang tinggi bagi penggunanya untuk hampir semua aplikasi, termasuk wallpapers, font, icon, dan boot animasi.

Out of the box, Zuk Z1 telah berjalan di sistem Android yang paling mutakhir yaitu Android OS, v5.1.1 (Lollipop), dan dapat di upgrade ke v6.0 (Marshmallow).

slashgear.com

Promo Khusus ZUK Z1 di Blibli.com

Zuk Z1 dijual secara eksklusif di Blibli.com dengan harga normal Rp 4.499.000. Tapi, ada promo istimewa lho! Yakni selama periode promosi 7-11 Desember 2015, handphone keren ini dijual hanya dengan harga Rp 3.999.000 plus bonus Sennheiser headset untuk 500 pembeli pertama. Belum lagi ada pilihan cicilan 0% hingga 12 bulan, yang dalam hal ini Blibli.com telah menggandeng beberapa bank terkemuka di tanah air. Selain itu, pembeli juga berkesempatan memenangkan hadiah grand prize liburan ke Jepang lho! Caranya gampang, Anda cukup mengikuti program belanja berhadiah #MyBigWish yang berlangsung tanggal 23 November sampai dengan 31 Desember 2015. Menarik bukan?

Belanja online saat ini memang menjadikan #HidupItuSimpel dengan e-commerce. Tidak perlu bersusah payah berbelanja ke luar rumah, cukup bermodal Smartphone Anda bisa memilih barang apa pun yang Anda sukai. Istilah kerennya, “Shopping everywhere you are, with Big Choices Big Deals“. 

Foto bareng blogger yang turut hadir di acara launching Zuk Z1 di Jakarta
Foto bareng blogger yang turut hadir di acara launching Zuk Z1 di Jakarta
Cantik kan (Zuk Z1) nya?
Eksklusif Launching Zuk Z1

 

 

Sumber : ZUK OfficialGSMarena, Blibli.com, Wikipedia, Qualcomm

(136)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
GantiGadget
Sebutir debu mikro penyuka gadget di belantara dunia digital
http://gantigadget.com

Leave a Reply

Top