You are here
Home > Review > Samsung Galaxy SIII Mini : Hanya Hadir Sebagai Penggembira?

Samsung Galaxy SIII Mini : Hanya Hadir Sebagai Penggembira?

Sumber : GSMarena

Ketika Samsung Galaxy SIII Mini masih berupa rumor banyak pihak yang berharap ponsel ini hadir dengan spesifikasi yang sama dengan Samsung Galaxy SIII namun dalam ukuran yang lebih kecil alias mini. Ini tentu saja akan mengakomodasi sebagian pihak yang tidak terlalu nyaman dengan ukuran Samung Galaxy SIII yang dianggap terlalu besar untuk sebuah ponsel. Ukuran Samsung galaxy SIII memang terbilang sangat nyaman untuk browsing atau menonton video. Namun tentu saja tidak semua pihak merasa nyaman dengan ukuran yang terlalu besar tersebut, misalnya untuk digenggam maupun disimpan di saku celana.

Sayangnya impian tersebut harus segera dikubur. Samsung ternyata menghadirkan Samsung Galaxy SIII Mini dengan spesifikasi yang dipangkasi habis-habisan jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy SIII. Mungkin ini memang ditujukan untuk juga memangkas harga jualnya. Bagaimana sebenarnya spesifikasi Samsung Galaxy SIII ini?

Desain

Idealnya Samsung Galaxy SIII Mini hadir dengan desain yang sama dengan Samsung Galaxy SIII namun dengan ukuran lebih kecil. Memang seperti itulah mungkin niat Samsung ketika membuat desainnya. Namun alih-alih mirip dengan Samsung Galaxy SIII ternyata Samsung Galaxy SIII Mini ini malah jauh lebih mirip dengan Samsung Galaxy S generasi pertama.

Dimensi Samsung Galaxy SIII Mini ini adalah 121.6 x 63 x 9.9 mm. Ini artinya lebih pendek 15 mm, lebih sempit 7.6 mm, namun lebih tebal 1.3 mm. Layar yang terbentang menjadi 4 inci saja. Samsung meyakini ini adalah kompromi terbaik untuk layar yang nyaman di mata terhadap ukuran/dimensi yang nyaman untuk digenggam.

Dengan mereduksi ukuran layar sebesar 34% namun mengurangi luas body muka hanya 26% menjadikan Samsung Galaxy SIII Mini tampil tidak lagi menyerupai Samsung Galaxy SIII. Tampilan depan memberi kesan frame pada Samsung Galaxy SIII Mini ini menjadi menebal dan membesar serta layar yang menciut.

List chrome yang mengelilingi bagian sisi ponsel ini masih dipertahankan. Nampaknya inilah satu-satunya benang merah yang mengingatkan kita pada desain Samsung Galaxy SIII.

Material pembuat Samsung Galaxy SIII Mini masih sama dengan Samsung Galaxy SIII. Teknologi layar pun masih tetap mempertahankan super amoled. Namun sayangnya resolusi yang tersemat pada ponsel ini menjadi sangat jauh berkurang yakni hanya 480 x 800 pixel (233 ppi). Coba bandingkan dengan Samsung Galaxy SIII yang memiliki resolusi 720 x 1280 pixels, 4.8 inches (~306 ppi).

Hardware

Di sisi hardware Samsung Galaxy SIII Mini pun mengalami pemangkasan besar-besaran. Prosesor yang digunakan kini hanya Dual-core 1 GHz. Padahal pada Samsung galaxy SIII menggunakan prosesor Quad-core 1.4 GHz Cortex-A9. Tidak jelas juga GPU yang digunakannya.

Kamera

Sarana pengambil gambar ini pun tak luput untuk turut dipangkas oleh Samsung pada Galaxy SIII Mini ini. Tidak seperti induknya yang memiliki banyak fitur canggih pada kameranya seperti Simultaneous HD video and image recording, geo-tagging, touch focus, face and smile detection, image stabilization. Di Galaxy SIII Mini kamera tampil sebagaimana ponsel kelas mid end lainnya, memiliki fitur autofocus dan LED Flash plus fitur Geo-tagging, touch focus, face detection.

Kemampuan mengambil gambar bergerak pun dikurangi dari 1080p menjadi hanya 720p. Kamera depan pun hanya berukuran VGA. Lagi-lagi sungguh biasa.

Mini Sim

Samsung Galaxy SIII Mini menyediakan slot Simcard berukuran mini (mini simcard), berbeda dengan induknya yang support micro-sim. Untuk slot microSD Samsung meletakannya di bawah baterai, ini artinya Samsung Galaxy SIII Mini tidak mendukung hot swap untuk kartu memori eksternal.

Baterai

Sebagai sumber tenaga ponsel ini dibekali dengan baterai sebesar 1500 mAh. Ini bukanlah hal yang istimewa karena baterai sebesar ini telah menjadi standar untuk ponsel dengan ukuran layar sebesar 4 inci. Sayangnya Samsung tidak menyertakan baterai dengan daya yang lebih besar ketika vendor lain mencoba menarik perhatian pasar dengan memberikan baterai berdaya besar.

Jelly Bean

Berjalan pada  sistem operasi Android 4.1 Jelly Bean, kita akan merasakan sensasi yang sama sebagaimana pada Samsung galaxy SIII. Untuk keperluan navigasi menu dan browsing tidak dirasakan perbedaan yang berarti. Browser istimewa miliki Jelly Bean berjalan sempurna di Galaxy SIII Mini ini. Isu yang menyatakan Galaxy SIII Mini mempunyai masalah ketika memutar flash pun tidak terbukti.

Browser pada Galaxy SIII Mini mempunyai incognito mode yang memungkinkan kita untuk melakukan browsing tanpa browser perlu menyimpan history dan cookies.

Kesimpulan

Untuk ponsel kelas menengah Samsung Galaxy SIII Mini tampil dengan desain yang manis dan layar yang sangat cerah dengan teknologi tersohor super amoled. Namun sayangnya nama besar yang disandangnya sebagai versi mini dari Samsung Galaxy SIII nampaknya membuat banyak pihak kecewa. Kehadiran Samsung Galaxy SIII Mini yang jauh di bawah ekspektasi ini nampaknya hanya menjadikannya sebagai penggembira di jajaran keluarga besar Samsung galaxy S Series.

(1914)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

One thought on “Samsung Galaxy SIII Mini : Hanya Hadir Sebagai Penggembira?

Leave a Reply

Top